Tips Kesehatan : 11 Cara Mudah Untuk Hidup Menjadi Lebih Sehat

Bookmark and Share
Agar tubuh menjadi sehat dan fit perlu dilakukan usaha untuk mendapatkannya. Usaha dan cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat tersebut dengan mengikuti 11 langkah :
  1. Tidur 8 jam per hari : kekurangan tidur akan menimbulkan lingkaran hitam di mata. Bukan itu saja, kekurangan tidur juga akan menurunkan kekebalan tubuh sebesar 10%, Akibatnya tubuh akan mudah menjadi sakit.
  2. Jangan memendam emosi : Emosi yang dipendam akan mengakibatkan penumpukan beban kerja bagi sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan emosi tersebut dapat merangsang untuk mampu memproduksi zat kimia dan hormon beracun yang dapat mengganggu kelancaran proses biokimia di seluruh tubuh. Sehingga dengan menyimpan emosi negatif akan mengganggu kesehatan kita. Akan lebih baik berpikiran positif menurut beberapa eksperimen bahwa sifat dari sel pembasmi penyakit pada orang yang berpikir positif akan lebih kuat dan agresif ketimbang orang yang berpikir negatif.
  3. Tertawa : apa pun bentuk tertawa baik yang cekikikan sampai dengan yang terbahak-bahak merupakan bentuk olahraga ringan yang akan menurunkan tekanan darah serta melancarkan saluran pernafasan dan sirkulasi zat dalam tubuh. Karena tertawa merupakan olah raga maka dengan ketawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Kembangkan optimisme : orang yang optimis akan memiliki kadar zat kekebalan yang lebih tinggi daripada yang pesimis.
  5. Kurangi stress : stress yang berkepanjangan akan membuat resiko kekacauan emosi dan mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, karena hipotalamus merupakan pusat sterss di otak yang  berperan menerima semua rangsangan yang masuk dari lingkungan. Rangsangan yang diterima akan ditindaklanjuti oleh  hipotalamus dengan memproduksi hormon anti stress/kortisol. Kortisol berfungsi meredakan peradangan. Selain emosi dapat menyebabkan stress juga dapat disebabkan karena aktivitas fisik sehingga hipotalamus akan lebih banyak mengeluarkan kortisol. Karena tubuh sering mengeluarkan zat antibodi maka penyakit pun akan kebal terhadap zat tersebut. So, kurangi stress!!!
  6. Bersahabat dengan antioksidan. Vitamin A, C, E, dan seng serta mineral selenium dikenal sebagai zat antioksidan. Saat oksidan, maka ada zat yang tersisa/radikal bebas yang mana zat yang tertinggal tersebut merupakan molekul elektron yang tidak stabil. Untuk menstabilkan kembali maka radikal bebas tersebut akan menarik elektron lain dan sel-sel tubuh untuk menjadi stabil kembali, namun efeknya adalah akan muncul radikal bebas baru yang akan muncul sehingga akan akhirnya membran sela akan menjadi rusak dan pada kondisi seperti inilah kuman/virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk menangkalnya maka diperlukan zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan melindungi membran sel di dalam tubuh.  Zat antioksidan dapat diperoleh melalui makanan yang alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran hijau, teh, dan kacang-kacangan. Selain itu buah alami juga akan membuat lebih cantik.
  7. Perbanyak minum
  8. Olahraga secara teratur
  9. Mengurangi konsumsi gula dan makanan yang manis : Dengan kadar gula yang besar di dalam tubuh akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan patrikel asing yang masuk ke dalam tubuh, yang mana kita ketahui bersama bahwa sel darah putih merupakan sel pembasmi bakteri.
  10. Konsumi sumber pangan alami : buah buahan seperti jeruk dan pepaya yang banyak mengandung vitamin C yang akan memperpendek sakit flu. Kacang-kacangan dan seafood adalah banyak mengandung seng yang berkhasiat untuk menanggulangi infeksi berulang seperti flu dan pilek. jus bawang putih yang dicampur dengan madu berguna untuk menyembuhkan  batuk dan pilek serta asma.
  11. Lakukan pijat terapi

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar