Sapi Madura

Bookmark and Share
Sapi Madura - Buka Mata. Sapi madura merupakan hasil persilangan antara Bos sondaicus dan Bos indicus. Lokasi penyebaran yang utama adalah di daerah madura dan Jawa Timur. Tipe sapi madura adlah tipe pedaging dan kerja. Di masyarakat madura digunakan sebagai perlombaan karapan sapi dengan menggunakan dua hewan sapi.
 Seperti halnya sapi bali, sapi madura merupakan bangsa sapi tropis.Namun sapi bali mempunyai ciri khas yang menonjol sehingga dengan mudah bisa dibedakan dengan bangsa sapi yang lain khususnya sapi bali.
Baik jantan maupun betina berwarna merah bata dan hampir tidak ada bedanya antara jantan dan betina. Pada paha bagian belakang berwarna putih, sedangkan kaki depan berwarna merah muda. Tanduk pendek dan beragam serta ada yang melengkung seperti bulan sabit dan ada pula yang tumbuh agak ke samping dan ke atas.Tanduk pada betina kecil dan pendek. panjangnya kurang lebih 10 cm, jantan sekitar 15 s/d 20 cm. Panjang badan seperti sapi bali, namun ponoknya kecil. Untuk beratbadannya sekitar 350 kg. Tingginya kira-kira 118 cm. Hasil karkas 48%.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar