Tips Cara Mengetahui Kesehatan Vagina

Bookmark and Share
Vagina merupakan jaringan otot yang sangat elastis dan berupa saluran vestibula sampai pada uterus. Vagina merupakan tempat penetrasi penis saat seggama dan tempat saluran menstruasi. Meskipun bermanfaat besar, namun tidak sedikit yang dari kaum wanita yang masih kurang memberikan perawatan dan perhatian terhadap vagina. 
Berikut ini ada beberapa yang perlu diketahui untuk melihat kesehatan vagina :
  1. Perhatikan cairan vagina : cairan vagina ada yang kental dan ada yang cair. Apabila cairan itu berwarna bening, cair dan tidak beraroma berarti merupakan tanda vagina yang sehat. Namun bila cairan itu mengental, berwarna kuning, hijau atau pekat dan bau kemungkinan besar vagina mengalami keputihan karena infeksi.
  2. Melakukan pemeriksaan secara rutin : raba dan perhatikan vagina. Apabila ada benjolan pada bagian-bagian tertentu maka segeralah periksa ke dokter.
  3. Perhatiakan saat membersihkan : saat membersihkan diperlukan cara sehat agar kuman yang berada dibelakang anus tidak pindah ke bagian depan.  Caranya adalah gerakan membersihkannya dari depan ke belakang. Jangan melakukan secara berulang-ulang karena kuman akan tetap saja berpindah. Bila ingin mengulangi maka cuci tangan terlebih dahulu baru melakukannya lagi. Demikian pula saat mengeringkan, lakukan dengan menggerakkan tangan dari depan ke belakang dan jika ingin mengulanginya maka lipat kain pengeringnya agar tidak mengulangi tempat pengering yang sama.
  4. Melakukan seks secara cerdas : Sebaiknya perlu tahu secara detail dan mendalam siapa pasangan intimnya. Seandainya merasa kondisi baik pun, bisa jadi sebenarnya mengalami infeksi menular seksual. Jadi perlu mengetahui kondisi dan sebaiknya memeriksakan ke dokter.
  5. Jangan mengobati sendiri : seandainya mengalami infeksi pada vagina , jangan langsung mengobati sendiri dengan membeli obat di apotek. Sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapat diagnosa dari dokter secara tepat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar