Saham Preferen (Saham Diutamakan)

Bookmark and Share
Saham Preferen (Saham Diutamakan). Buka Mata. "Saham preferen" dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Saham preferen tidak kokulatif dan saham preferen komulatif.

  • Saham preferen tidak komulatif.. saham preferen ini didahulukan dalam pembayaran dalam hal pembagian laba maupun dalam bagian likuidasi (pembubaran) dari saham biasa. Pemegang saham preferen ini akan memperoleh bagian laba berupa deviden jika perseroan memperoleh laba. Demikian juga dalam likuidasi, pemegang saham preferen tidak komulatif mendapat bagian setelah lebuh dahulu dibayarkan kepada pemegang saham preferen komulatif.
  • Saham preferen komulatif. Selain didahulukan dalam hal pembayaran deviden dan likuidasi, juga prosentase deviden tiap tahun tetap dan merupakan kewajiban Perseroan Terbatas. Jika dalam satu tahun prosentase deviden itu tidak dapat secara penuh dibayarkan, maka kekurangan pembayarannya akan dibebankan ke tahun berikutnya.

2. Saham preferen (prioritas) partisipasi dan tidak berpartisipasi

  • Saham preferen berpartisipasi. Saham ini dibedakan menjadi 2 yaitu 1) saham prioritas berpartisipasi penuh (saham prioritas berhak atas deviden dengan jumlah yang sama besar dengan saham biasa setelah saham biasa memperoleh deviden sebesar prosentase deviden saham prioritas), 2)Saham prioritas berpartisipasi sebagian (saham prioritas hanya mendapat deviden sampai dengan prosentase yang ditetapkan sesudah saham biasa mendapatkan deviden dengan tarif yang sama dengan saham prioritas.
  • Saham preferen tidak berpartisipasi. Saham prioritas tidak berpartisipasi menerima deviden tiap tahun sebesar tarif yang telah ditetapkan.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar