Pengertian Internet dan Intranet

Bookmark and Share
Masterz Seo - Pengertian beserta fungsi intranet dan internet menurut para ahli . Pengertian intranet adalah sebuah jaringan privat atau dalam bahasa inggrisnya "private network" yang cara kerjanya menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), yang berfungsi untuk membagi informasi tentang rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut hanya kepada karyawannya saja. Sejarah Intranet pertama kali mulai berkembang di Negara Amerika – Netscape sekitar tahun 1995 yang pernah memberikan informasi bahwa sebagian besar penjualan Server ke perusahaan di Amerika digunakan untuk intranet. Di Indonesia sendiri penggunaan intranet sudah banyak dijalankan oleh beberapa perusahaan meskipun terbatas, misalnya intranet kemenperin.
Pengertian Internet dan Intranet

Keuntungan menggunakan Intranet :
A.) Kemampuan Resources Sharing
Pengertian Resources Sharing adalah daya yang dipakai secara bersama-sama oleh banyak pengguna, sumber daya tersebut adalah sebuah jaringan atau koneksi komputer. Dengan mengijinkan masing-masing user yang memiliki tingkat pengetahuan, kepentingan, dan motivasi yang berbeda di dalam memanfaatkan sumber daya tersebut.

B.) Kemampuan Berbagi-Pakai Data
Dengan Adanya Kemampuan Berbagi-Pakai Antara Perangkat Lunak terutama Data, Memungkinkan Pengguna Komputer Untuk Saling Berbagi Data.

C.) Meningkatkan Faktor Keamanan Data
Data tidak dapat diakses orang yang tidak berhak, jadi intinya jika bukan anggota dari perusahaan tersebut tentunya tidak akan bisa mengkses informasi mengenai perusahaan tersebut.

Kelemahan Menggunakan Intranet
a.) Informasi yang kadang-kadang salah dan tidak sesuai.
b.) Interaksi diintranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
c.) Memerlukan pelatihan khusus bagi anggota baru dalam mengoprasikan intranet.
d.) Memerlukan orang yang sudah ahli untuk mengembangkan intranet dalam suatu organisasi atau perusahaan
e.) Bisa terjasi overload atau data penuh akibat pengiriman pesan antar user yang tidak terkontrol dengan baik.

   Sedangkan Pengertian internet atau "Interconnected Computer Networks" adalah Jaringan Komputer yang sangat luas dan tak ada batasanya yang menjadi penghubung antara user satu dengan user komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer pada sebuah wilayah ke wilayah lainya.
Sejarah Internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sekitar tahun 1969, lewat proyek ARPA yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka telah mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak jauh dan tidak terhingga melalui saluran telepon. Dan internet pun terus mengalami perkembangan hingga seperti sekarang ini. Bahkan saat ini kebutuhan akan dunia internet nampaknya telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang, misalnya dulu banyak orang mencari berita melalui koran namun seiring dengan telah berkembangnya dunia internet dan teknologi fungsi koran atau surat kabar kini digantikan oleh kemunculan android.

Keuntungan Menggunakan Internet :
a.) Mudah dalam pengorasianya.
b.) Mudah di akses untuk mendapatkan berbagai informasi yang kita inginkan.
c.) Memiliki jangkauan yang sangat luas dan tiada batas.
d.) Mendukung transaksi dan operasi untuk bisnis.

Kelemahan Menggunakan Internet :
a.) Resiko terkena virus komputer dari internet melalui email atau file-file downlod.
b.) Pengewasan hukum yang masih lemah.
c.) Tidak tersedianya filter yang tangguh.
d.) Berbagai informasi palsu dimana-mana.
e.) Dan masih banyak lagi yang lainya untuk informasi lebih banyak silakan anda cari di google.

Itu tadi sedikit ulasan dari saya mengenai "Pengertian internet dan pengertian intranet", terimakasi telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar