Cara ternak LOVEBIRD untuk bisnis

Bookmark and Share
Masterz Seo - Cara ternak atau budidaya burung LOVEBIRD. Burung Lovebird berasal dari negara afrika, dalam habitat aslinya burung Lovebird hidup secara berkelompok dalam sebuah kelompok biasanya terdiri dari 5 sampai 20 ekor burung love bird dan burung ini biasanya tinggal di dalam sebuah lubang di pohon. Burung ini merupakan salah satu burung yang setia dengan pasangannya. Untuk makanan burung jenis ini biasanya menyukai makanan seperti milet, wijen, padi atau pun jagung.
cara ternak budidaya burung lovebird
Mengingat burung Love bird adalah salah satu burung yang paling di minati oleh masyarakat Indonesia khususnya para pecinta burung pada postingan kali ini saya akan memberikan tips-tips tentang tata cara budidaya burung lovebird.
Pada umumnya cara memelihara burung ini tidak jauh beda dengan cara budidaya burung kenari dan proses perawatanya juga cukup mudah.
Adapun hal-hal yang harus di persiapkan ternak burung lovebird adalah sebagai berikut :

1.  Kandanag yang terbuat dari kawat ram-raman dengan ukuran minimal 50x50x50 cm yang bisa di tempati untuk satu pasang indukan. setelah itu siapkan juga tempat untuk bertelur.

2.  Pilih indukan burung lovebird yang bagus.
Jika ingin menghasilkan anakan Lovebird yang bagus sebaiknya anda harus mempunyai indukan yang bagus karena perkawinan antara indukan yang bagus biasanya akan menghasilkan keturunan yang bagus pula. Untuk indukan yang siap kawin biasanya berumur 7 bulan ke atas dan untuk burung Love bird yang sudah berumur 3 tahun ke atas biasanya sudah tidak produktif lagi.

3.  Pemberian pakan.
Makanan yang berkualitas juga salah satu faktor pendukung ternak burung lovebird. biasanya para peternak memberikan pakan dengan jagung muda, milet atau pun toge.

4. Persiapan produksi.
Setelah semua hal-hal di atas sudah anda persiapkan kini ke tahap selanjutnya yaitu persiapan produksi.
Burung lovebird biasanya bertelur 4 sampai 6 butir dan masa pengeraman selama 21  sampai 23 hari dan setelah menetas indukan jantan dan betina akan menyuapi anaknya sampai berumur sekitar 8 minggu.
setelah anakan lovebird sudah bisa makan sendiri maka pisahkan anakan tersebut dari indukanya agar sang indukan bisa mulai lagi bereproduksi.

Cara membedakan kelamin jantan dan betina burung lovebird :
  • Tubuh burung lovebird betina kebanyakan memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat dari pada sang jantan, namun tidak semua seperti itu.
  • Love bird betina biasanya saat bertengger mempunyai jarak antar kaki yang lebar dibandingkan burung lovebird jantan. 
  • Warna bulu sang jantan biasanya warna bulunya lebih terang dari pada sang betina. 
  • Untuk bentuk ekor jantan biasanya lebih runcing dibandingkan betina yang cenderung mempunyai ekor yang lebih rata. 
  • Biasanya yang sering membuat sarang adalah love bird betina, dengan cara mengambil cabang-cabang kayu untuk dijadikan sarang, sedangkan burung lovebird jantan cenderung hanya menyuapinya.
Itulah sedikit artikel dari saya tentang cara ternak atau budidaya burung Lovebird , terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar